Genjot Penurunan Stunting, Wagub Rosjonsyah Tekankan Kinerja Kerja yang Lebih

0

Poroskeadilan.com, Bengkulu – Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah memimpin Rapat Evaluasi Program Percepatan Penurunan Stunting, bertempat di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, 30/05/2023.

Menurut Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) ini, perlu dilakukan evaluasi terhadap semua Satgas TPPS untuk mengetahui seluruh program berjalan dengan baik.

“Kita harapkan evaluasi dari semua Satgas TPPS di setiap kabupaten, agar semua program bisa berjalan dengan baik untuk kita semua,” jelas Rosjonsyah saat mengawali sambutannya.

“Walaupun provinsi sudah di bawah angka standar nasional tetapi kita mempunyai target yang harus diselesaikan sesuai dengan pedoman RPJMD.”

Bupati Lebong dua periode ini juga menegaskan bahwa dalam percepatan penurunan stunting ada beberapa kebijakan dan intervensi, yaitu terkait dengan penyediaan anggaran baik dana Dana Alokasi Khusus (DAK), kesehatan, pendidikan, pertanian termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)

Lanjut Wagub Rosjonsyah, termasuk gerakan 3M (Menanam, Memasak dan mengkonsumsi) salah satunya daun kelor yang merupakan super food dengan kandungan gizi yang sangat tinggi dan juga gerakan konsumsi 2 telor setiap harinya untuk bayi dan baduta (bayi dua tahun).

Wagub juga meminta TPPS di setiap kabupaten melakukan penilaian kinerja kerja percepatan penurunan stunting dan sekaligus melaksanakan rembuk stunting tingkat provinsi guna peningkatan kapasitas SDM yang sesuai bidangnya.

“Penurunan stunting ini berkaitan dengan tumbuh kembangnya kesehatan balita ibu hamil dan proses remaja yang akan melaksanakan pernikahan jadi perlu upaya lebih kita semua selaku pemerintah untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil dan anak balita dan sebagainya.”

“Kita harus terus pastikan seluruh balita, ibu hamil, remaja agar terintervensi dengan baik dan benar sehingga bisa mencegah terjadinya stunting, fokus dengan itu maka insyaAllah yang kita inginkan untuk mewujudkan anak-anak sehat akan terwujud,” tutup Rosjonsyah.

Rapat ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN RI Dwi Listya Wardani, Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu M. Iqbal Apriansyah dan OPD teknis terkait.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini