Sukseskan 10 Program Pokok, TP PKK Provinsi Bengkulu Perkuat Sinergi Lintas Sektor

0

Poroskeadilan.com, Bengkulu – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bengkulu melakukan Sinergi Lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama TP PKK Provinsi Bengkulu pada Pembinaan 10 Program Pokok PKK di Kota Bengkulu, di Gedung Merah Putih Pemda Kota (Pemkot) Bengkulu, Senin (27/2).

Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin mengatakan, pada pembinaan 10 program Pokok PKK tahun 2023 ada hal yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana PKK turut mengajak OPD terkait dan lintas sektor untuk ikut serta terlibat dalam kegiatan.

“Kita tahun ini sedikit berbeda, PKK bersinergi bersama lintas sektor dengan membawa beberapa bantuan, yang kemudian diharapkan mampu membantu meringankan beban di tengah masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut Derta Rohidin, terhadap program penanganan stunting di Kota Bengkulu diketahui berjalan sukses. Hal ini terbukti dari angka stunting yang menurun drastis pada tahun ini.

“Stunting menjadi fokus program PKK secara nasional. Ini yang lebih diintensifkan lagi secara bersama, sehingga angkanya berada di bawah rata-rata nasional,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Bidang I TP PKK Kota Bengkulu Dian Fitriani Wahyudi. Menurutnya beberapa program telah berjalan sesuai arahan TP PKK Provinsi Bengkulu, seperti Aku Hatinya PKK serta membuat Toko PKK yang berisi oleh-oleh kerajinan & makanan khas Bengkulu.

Selain itu fokus penanganan stunting yang melibatkan para kader TPK (Tim Pendamping Keluarga). Sehingga angka stunting di kota Bengkulu mengalami penurunan dari angka 22,2 persen menjadi 12,9 persen.

“Terima kasih atas bimbingan TP PKK Provinsi Bengkulu, semua program telah berjalan. Bahkan program nasional yaitu penanganan stunting dapat turun satu digit menjadi 12,9 persen,” pungkasnya.

Adapun Bantuan yang diserahkan dalam kesempatan itu, diantaranya dari Baznas Provinsi Bengkulu berupa sembako untuk kader PKK, Dinas Koperasi dan UKM berupa 4 unit gerobak gandeng, Dinas Perindustrian dan Perdagangan berupa 3 unit gerobak, Dinas Perpustakaan dan Arsip berupa tafsir Al-Qur’an serta dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu berupa paket baju olahraga.

Selanjutnya dari Dinas Pertanian berupa bibit buah-buahan, Dinas Kesehatan berupa PMT balita dan ibu hamil dan Dinas Sosial berupa tongkat dan paket sembako.

Sementara itu BPKD Provinsi Bengkulu dalam kesempatan tersebut membuka gerai Samsat dan B-POM Bengkulu menghadirkan gerai uji sampel kosmetik dan makanan serta juga ada Stand BPJS Ketenagakerjaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini