Kemah Bela Negara Nasional 2022, 1.200 Anggota Pramuka Bermalam di Bumi Rafflesia

0

Poroskeadilan.com, Bengkulu – Peringatan Hari Bela Negara (HBN) Tingkat Nasional Tahun 2022 yang dipusatkan di Provinsi Bengkulu mendapatkan apresiasi dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka. Hal ini lantaran HBN Nasional 2022 Bengkulu mampu menghadirkan 22 Kwartir Daerah (Kwarda) dengan jumlah peserta perkemahan (anggota Pramuka) nasional hingga 1.200 orang, yang akan bermalam di Bumi Rafflesia hingga 22 Desember 2022 mendatang.

Disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Bachtiar, KBN di tengah kondisi saat ini harus diimplementasikan dengan semangat untuk membela masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga bisa bersama-sama dapat mengatasi pandemi COVID-19 dan dapat melaksanakan adaptasi kebiasaan baru dengan lebih baik dan optimal.

“Bagi gerakan pramuka Bela Negara merupakan suatu kewajiban organisasi pendidikan kepramukaan, yang menempatkan pendidikan karakter yang sangat penting sesuai yang dimaksudkan dalam UU Nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka,” jelas Mayjend TNI (Purn) Bachtiar saat menyampaikan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada Upacara Pembukaan KBN Tingkat Nasional Tahun 2022, di Lapangan Balai Raya Semarak Bengkulu, Sabtu (17/12).

Ucapan terima kasih disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah kepada Kwarnas Gerakan Pramuka yang telah menunjuk dan mempercayakan Kwarda 07 Bengkulu sebagai tuan rumah penyelenggaraan KBN Nasional Tahun 2022, dengan harapan dapat membangkitkan kembali semangat gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter bagi generasi muda yang cinta tanah air.

“Ini sebagai bekal bagi generasi muda menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Oleh karena itu tidak boleh berhenti berkarya dan berinovasi dan tentunya gerakan pramuka juga harus bisa menangkap hal-hal yang baru,” ungkap Gubernur Rohidin yang juga merupakan Ketua Majelis Pembina Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Bengkulu ini.

Diketahui kegiatan KBN Nasional Tahun 2022 Bengkulu yang akan dilaksanakan hingga 22 Desember 2022 ini, mengusung tema “Tindakan Nyata Membangun NKRI Dengan Semangat Patriotisme dan Nasionalis” dan dipusatkan di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma.

Selama kegiatan peserta akan tinggal bersama masyarakat di lokasi yang terletak pada 4 desa yaitu, di Desa Bukit Peninjauan 1 dan Desa Bukit Peninjauan 2 Kabupaten Seluma serta di Desa Srikaton dan Desa Srikuncoro yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini